Jumat, 17 Januari 2014

KRISTEN BERTANYA TENTANG SEBUTAN MARYAM SAUDARA PEREMPUAN HARUN DI DALAM ALQURAN, DAN MENGANGGAPNYA SEBAGAI SUATU KESALAHAN SEJARAH

KRISTEN BERTANYA TENTANG SEBUTAN MARYAM SAUDARA PEREMPUAN HARUN DI DALAM ALQURAN, DAN MENGANGGAPNYA SEBAGAI SUATU KESALAHAN SEJARAH

 -


Masih saja ada kristen yang bertanya masalah hal ini.

Nabi Muhammad saw dulu pun sudah pernah menjawabnya, ketika ada orang-orang kafir menanyakannya, dan menganggap bahwa AlQuran telah salah sejarah. Mereka menganggap bahwa hanya Nabi Harun as yang memiliki nama "Harun".

Seandainya saja hal tersebut salah sejarah, tentu Nabi Muhammad saw akan merevisi AlQuran tersebut, buktinya tidak.

Nabi Muhammad saw bahkan tahu bahwa AlQuran itu benar, dan tahu akan maksud ayat tersebut "MARYAM SAUDARA HARUN", walaupun orang-orang kafir menganggapnya salah sejarah dan menjadikannya sebagai bahan ejekan.

MARYAM RA IBUNDA NABI ISA AS, MEMANG MEMILIKI SAUDARA YANG BERPERILAKU BAIK DAN BERAMAL SALIH, BERNAMA HARUN

Karena itulah, orang-orang Yahudi yang menganggap Maryam Ibunda Nabi Isa as telah membuat aib dengan kehamilannya, lalu menyinggung masalah itu. Bahwa tidaklah pantas saudara Harun seperti itu.

---------------
Dan bangsa Israil saat itu seringkali memberi nama anak-anak mereka dengan nama para Nabi
---------------

صحيح مسلم ٣٩٨٢: حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ وَمُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ نُمَيْرٍ وَأَبُو سَعِيدٍ الْأَشَجُّ وَمُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى الْعَنَزِيُّ وَاللَّفْظُ لِابْنِ نُمَيْرٍ قَالُوا حَدَّثَنَا ابْنُ إِدْرِيسَ عَنْ أَبِيهِ عَنْ سِمَاكِ بْنِ حَرْبٍ عَنْ عَلْقَمَةَ بْنِ وَائِلٍ عَنْ الْمُغِيرَةِ بْنِ شُعْبَةَ قَالَ
لَمَّا قَدِمْتُ نَجْرَانَ سَأَلُونِي فَقَالُوا إِنَّكُمْ تَقْرَءُونَ يَا أُخْتَ هَارُونَ وَمُوسَى قَبْلَ عِيسَى بِكَذَا وَكَذَا فَلَمَّا قَدِمْتُ عَلَى رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَأَلْتُهُ عَنْ ذَلِكَ فَقَالَ إِنَّهُمْ كَانُوا يُسَمُّونَ بِأَنْبِيَائِهِمْ وَالصَّالِحِينَ قَبْلَهُمْ

Shahih Muslim 3982:

Al Mughirah bin Syu'bah ia berkata; Ketika aku mendatangi kota Najran, para penduduknya bertanya kepadaku; Sesungguhnya kalian membaca "wahai saudara Harun", padahal Musa hidup sebelum Isa berjarak beberapa tahun.' Maka ketika aku datang kepada Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, aku menanyakan hal itu kepada beliau, dan beliaupun menjawab: 'Dulu mereka memberi nama dengan nama-nama para Nabi mereka dan orang-orang shaleh dari kaum sebelum mereka.'

-----

KITA MULAI ULASAN INI DENGAN MEMBICARAKAN NASAB/ SILSILAH MUSA AS DAN NASAB MARYAM RA, IBUNDA AL MASIH ISA AS

Maryam ra Ibunda Al Masih Isa as tidaklah hidup sejaman dengan Musa as, dan tentu saja memiliki Nasab/ Silsilah yang sangat berbeda

NASAB MUSA AS

Kitab Tarikh Ath-Thabari (3/385) dan Kitab Al-Kamil (2/169), Kisah Para Nabi, Imam Ibnu Katsir , Pustaka Al-Kautsar hal 494, disebutkan bahwa nama lengkap Musa as adalah :
---------------
Musa bin Imran bin Yashar bin Kehat bin Lewi.
---------------

NASAB MARYAM RA

Kitab Tarikh Ath-Thabari (1/585-586), Kisah Para Nabi, Imam Ibnu Katsir , Pustaka Al-Kautsar hal 929, disebutkan tentang Nasab Maryam ra ibunda Al Masih Isa as, menurut pendapat seorang Ulama Mufasir Muhammad bin Ishaq :
---------------
Maryam binti Imran bin Basyim bin Amon bin Manasye bin Hizkia bin Ahas bin Yotam bin Azarya bin Amazia bin Yoas bin Ahazia bin Yoram bin Yosafat bin Asa bin Abia bin Rehabeam bin Sulaiman bin Dawud.
---------------

-----

TENTANG MARYAM SAUDARA PEREMPUAN HARUN ?

Orang kristen sering menanyakan tentang sebutan "saudara harun" bagi Maryam, ibunda Nabi Isa as. Dan mengangap bahwa pernyataan tersebut adalah bukti dari kesalahan sejarah di dalam AlQuran.

Sebenarnya hal tersebut tidak perlu ditanyakan bila manusia itu mau jujur dan menggunakan akalnya, karena di ata-ayat yang lain AlQuran juga menceritakan bahwa Maryam memang tidaklah hidup sejaman dengan NabiHarun as, saUdara Nabi Musa as.

Marilah kita nukilkan ayat AlQuran secara lengkap yang menimbulkan pertanyaan tersebut ;

QS 19:28

يَا أُخْتَ هَارُونَ مَا كَانَ أَبُوكِ امْرَأَ سَوْءٍ وَمَا كَانَتْ أُمُّكِ بَغِيًّا [١٩:٢٨]
Hai saudara perempuan Harun, ayahmu sekali-kali bukanlah seorang yang jahat dan ibumu sekali-kali bukanlah seorang pezina",
﴿٢٨﴾

MAHA BENAR ALLAH DENGAN SEGALA FIRMAN NYA

-----

ALQURAN MENCERITAKAN, BAHWA MARYAM, IBUNDA NABI ISA AS HIDUP PADA MASA NABI ZAKARIA AS DAN BAHKAN DIBAWAH PEMELIHARAANNYA.

SAMA SEKALI TIDAK MENCERITAKAN BAHWA MARYAM HIDUP DIJAMAN NABI MUSA AS MAUPUN NABI HARUN AS

"Saudara Harun", artinya bahwa Maryam memiliki garis keturunan dan hubungan darah melalui silsilahnya dengan Nabi Harun as.

Bukanlah memiliki arti yang secara langsung, bahwa Maryam hidup sejaman dengan Nabi Harun as dan merupakan saudaranya, sama sekali tidak. Kita simak ayat berikut ini ;

QS 3:36-37

فَلَمَّا وَضَعَتْهَا قَالَتْ رَبِّ إِنِّي وَضَعْتُهَا أُنثَىٰ وَاللَّهُ أَعْلَمُ بِمَا وَضَعَتْ وَلَيْسَ الذَّكَرُ كَالْأُنثَىٰ ۖ وَإِنِّي سَمَّيْتُهَا مَرْيَمَ وَإِنِّي أُعِيذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ [٣:٣٦]
Maka tatkala isteri 'Imran melahirkan anaknya, diapun berkata: "Ya Tuhanku, sesunguhnya aku melahirkannya seorang anak perempuan; dan Allah lebih mengetahui apa yang dilahirkannya itu; dan anak laki-laki tidaklah seperti anak perempuan. Sesungguhnya aku telah menamai dia Maryam dan aku mohon perlindungan untuknya serta anak-anak keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau daripada syaitan yang terkutuk".
﴿٣٦﴾

فَتَقَبَّلَهَا رَبُّهَا بِقَبُولٍ حَسَنٍ وَأَنبَتَهَا نَبَاتًا حَسَنًا وَكَفَّلَهَا زَكَرِيَّا ۖ كُلَّمَا دَخَلَ عَلَيْهَا زَكَرِيَّا الْمِحْرَابَ وَجَدَ عِندَهَا رِزْقًا ۖ قَالَ يَا مَرْيَمُ أَنَّىٰ لَكِ هَٰذَا ۖ قَالَتْ هُوَ مِنْ عِندِ اللَّهِ ۖ إِنَّ اللَّهَ يَرْزُقُ مَن يَشَاءُ بِغَيْرِ حِسَابٍ [٣:٣٧]
Maka Tuhannya menerimanya (sebagai nazar) dengan penerimaan yang baik, dan mendidiknya dengan pendidikan yang baik dan Allah menjadikan Zakariya pemeliharanya. Setiap Zakariya masuk untuk menemui Maryam di mihrab, ia dapati makanan di sisinya. Zakariya berkata: "Hai Maryam dari mana kamu memperoleh (makanan) ini?" Maryam menjawab: "Makanan itu dari sisi Allah". Sesungguhnya Allah memberi rezeki kepada siapa yang dikehendaki-Nya tanpa hisab.
﴿٣٧﴾

MAHA BENAR ALLAH DENGAN SEGALA FIRMAN NYA

-----

Ungkapan yang biasa digunakan pada masa turunkan wahyu tersebut adalah seperti itu. Misalnya sebutan bagi anak keturunan Daud , tentu akan disebut ana-anak Daud, anak keturuanan Nabi Ibrahim tentu juga akan terbiasa disebut sebagai anak-anak Ibrahim.

Untuk memperjelas pendapat yang saya sampaikan tersebut diatas, marilah saya tunjukkan hadis nabi, yang menceritakan salah satu Istri beliau yang merupakan seorang keturunan Yahudi. Sehingga oleh nabi Muhammad saw disebut sebagai "PUTRI DARI SEORANG NABI (Nabi Isqhak, bbrp ulama beranggapan itu Nabi Harun as), MEMILIKI PAMAN NABI (Nabi Ismail, beberapa ulama beranggapan yg dimaksudkan Nabi Musa as) DAN BERSUAMIKAN SEORANG NABI (Muhammad saw).

Sehingga samasekali bukan berarti bahwa Shafiah istri nabi tersebut sebenar-benarnya memili bapak dan paman seorang nabi. Berikut hadis tersebut……-

-

SHAFIAH, RASULULLAH BERKATA " ENGKAU ADALAH PUTRI SEORANG NABI (NABI ISHAQ AS), PAMANMU NABI (NABI ISMAIL AS) DAN SUAMIMU JUGA SEORANG NAB (NABI MUHAMMAD SAW)I"

مسند أحمد ١١٩٤٣: حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ قَالَ حَدَّثَنَا مَعْمَرٌ عَنْ ثَابِتٍ عَنْ أَنَسٍ قَالَ
بَلَغَ صَفِيَّةَ أَنَّ حَفْصَةَ قَالَتْ إِنِّي ابْنَةُ يَهُودِيٍّ فَبَكَتْ فَدَخَلَ عَلَيْهَا النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَهِيَ تَبْكِي فَقَالَ مَا شَأْنُكِ فَقَالَتْ قَالَتْ لِي حَفْصَةُ إِنِّي ابْنَةُ يَهُودِيٍّ فَقَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِنَّكِ ابْنَةُ نَبِيٍّ وَإِنَّ عَمَّكِ لَنَبِيٌّ وَإِنَّكِ لَتَحْتَ نَبِيٍّ فَفِيمَ تَفْخَرُ عَلَيْكِ فَقَالَ اتَّقِ اللَّهَ يَا حَفْصَةُ

Musnad Ahmad 11943:

Ma'mar dari Tsabit dari Anas ia berkata; "Sampai berita kepada Shafiah bahwa Hafshah mengatakan bahwa dirinya anak seorang yahudi, " maka Shafiah pun manangis. Setelah itu Nabi shallallahu 'alaihi wasallam menemuinya sedang ia dalam keadaan menangis, beliau lalu bertanya: "Ada apa denganmu?" ia menjawab, "Hafshah mengataiku; sesungguhnya aku anak seorang yahudi, " lalu Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bersabda: "Sesungguhnya engkau adalah putri seorang Nabi, pamanmu seorang Nabi, dan engkau juga menjadi istri seorang Nabi, maka apa alasan dia membanggakan diri atas kamu!" lalu beliau bersabda lagi: "Takutlah engkau kepada Allah wahai Hafshah."

-----

Hal tersebut adalah sama dengan sebutan, Anak daud bagi Yesus, anak-anak Abraham,....dan juga Anak Allah. Hal-hal sebutan diatas samasekali bukan sebenar-benarnya "anak Daud", sama sekali bukanlah "anak Abraham".....apalagi "anak Allah" sama sekali bukan......ITU SENMUA HANYALAH SUATU SEBUTAN…..

-------------
MARYAM IBUNDA NABI ISA AS SAMA SEKALI BUKANLAH "MIRYAM' SEORANG NABI PEREMPUAN (NABIAH) DI DALAM ALKITAB KRISTEN YANG MERUPAKAN SAUDARA MUSA MAUPUN HARUN
-------------

BERIKUT KISAH MIRYAM DI DALAM ALKITAB, YANG TIDAK JELAS APA TUGAS KENABIAANNYA ?, YANG DICERITAKAN HANYALAH TENTANG "KEGIATAN MENYANYI" DAN "PENYAKIT KUSTA" YANG DIDERITANYA HINGGA KEMATIAN DAN PENGUBURAN NYA

Ex 15:20* Lalu Miryam, nabiah itu, saudara perempuan Harun, mengambil rebana di tangannya, dan tampillah semua perempuan mengikutinya memukul rebana serta menari-nari.

Ex 15:21 Dan menyanyilah Miryam memimpin mereka: “Menyanyilah bagi TUHAN, sebab Ia tinggi luhur; kuda dan penunggangnya dilemparkan-Nya ke dalam laut.”

Nu 12:1* Miryam serta Harun mengatai Musa berkenaan dengan perempuan Kush yang diambilnya, sebab memang ia telah mengambil seorang perempuan Kush.

Nu 12:4* Lalu berfirmanlah TUHAN dengan tiba-tiba kepada Musa, Harundan Miryam: “Keluarlah kamu bertiga ke Kemah Pertemuan.” Maka keluarlah mereka bertiga.

Nu 12:5 Lalu turunlah TUHAN dalam tiang awan, dan berdiri di pintu kemah itu, lalu memanggil Harun dan Miryam; maka tampillah mereka keduanya.

Nu 12:10* Dan ketika awan telah naik dari atas kemah, maka tampaklah Miryam kena kusta, putih seperti salju; ketika Harun berpaling kepada Miryam, maka dilihatnya, bahwa dia kena kusta!

Nu 12:15 Jadi dikucilkanlah Miryam ke luar tempat perkemahan tujuh hari lamanya, dan bangsa itu tidak berangkat sebelum Miryam diterima kembali.

Nu 20:1* Kemudian sampailah orang Israel, yakni segenap umat itu, ke padang gurun Zin, dalam bulan pertama, lalu tinggallah bangsa itu di Kadesh. Matilah Miryam di situ dan dikuburkan di situ.

---------------
MARIA DI DALAM ALKITAB KRISTEN
---------------

SESUNGGUHNYA "MARIA" IBUNDA YESUS ITU ANAKNYA SIAPA ? ALKITAB TIDAK MENERANGKAN KISAH KELAHIRAN DAN ORANG TUA MARIA SECARA JELAS ?

YANG DICERITAKAN BAHKAN SILSILAH YUSUF SI TUKANG KAYU YANG TIDAK ADA HUBUNGANNYA DENGAN YESUS, SELAIN SEBAGAI AYAH ANGKAT SAJA

SILSILAH YANG TIDAK ADA HUBUNGAN NYA

Maleakhi 4 TB

1* ¶ Inilah silsilah Yesus Kristus, anak Daud, anak Abraham.

2* Abraham memperanakkan Ishak, Ishak memperanakkan Yakub, Yakub memperanakkan Yehuda dan saudara-saudaranya,

3* Yehuda memperanakkan Peres dan Zerah dari Tamar, Peres memperanakkan Hezron, Hezron memperanakkan Ram,

4 Ram memperanakkan Aminadab, Aminadab memperanakkan Nahason, Nahason memperanakkan Salmon,

5 Salmon memperanakkan Boas dari Rahab, Boas memperanakkan Obed dari Rut, Obed memperanakkan Isai,

6 Isai memperanakkan raja Daud. Daud memperanakkan Salomo dari isteri Uria,

7 Salomo memperanakkan Rehabeam, Rehabeam memperanakkan Abia, Abia memperanakkan Asa,

8* Asa memperanakkan Yosafat, Yosafat memperanakkan Yoram, Yoram memperanakkan Uzia,

9 Uzia memperanakkan Yotam, Yotam memperanakkan Ahas, Ahas memperanakkan Hizkia,

10 Hizkia memperanakkan Manasye, Manasye memperanakkan Amon, Amon memperanakkan Yosia,

11* Yosia memperanakkan Yekhonya dan saudara-saudaranya pada waktu pembuangan ke Babel.

12* Sesudah pembuangan ke Babel, Yekhonya memperanakkan Sealtiel, Sealtiel memperanakkan Zerubabel,

13 Zerubabel memperanakkan Abihud, Abihud memperanakkan Elyakim, Elyakim memperanakkan Azor,

14 Azor memperanakkan Zadok, Zadok memperanakkan Akhim, Akhim memperanakkan Eliud,

15 Eliud memperanakkan Eleazar, Eleazar memperanakkan Matan, Matan memperanakkan Yakub,

16* Yakub memperanakkan Yusuf suami Maria, yang melahirkan Yesus yang disebut Kristus.

-----

SANGKING BINGUNG NYA PENULIS ALKITAB, DAN KARENA BANYAKNYA NAMA YANG SAMA, LALU ADA AYAT ALKITAB YANG MENYEBUT SESEORANG "MARIA YANG LAINNYA"

Matius 27 TB

61* Tetapi Maria Magdalena dan Maria yang lain tinggal di situ duduk di depan kubur itu.

Matius 28 TB

1* ¶ Setelah hari Sabat lewat, menjelang menyingsingnya fajar pada hari pertama minggu itu, pergilah Maria Magdalena dan Maria yang lain, menengok kubur itu.

-----

BAYANGKAN ADA 3 WANITA BERNAMA MARIA SEMUANYA SEDANG BERJAJAR BERTIGA ?

Yohanes 19 TB

25* Dan dekat salib Yesus berdiri ibu-Nya dan saudara ibu-Nya, Maria, isteri Klopas dan Maria Magdalena.

---------------
MARYAM RA DI DALAM ALQURAN
---------------

ALQURAN BEGITU JELAS MENCERITAKAN KISAH MARYAM IBUNDA NABI ISA ALMASIH AS, BAHKAN SAAT KELAHIRANNYA DAN PENGASUHANNYA OLEH NABI ZAKHARIA AS , AYAH DARI NABI YAHYA AS (YOHANES PEMBABTIS)

QS 3:33-37

۞ إِنَّ اللَّهَ اصْطَفَىٰ آدَمَ وَنُوحًا وَآلَ إِبْرَاهِيمَ وَآلَ عِمْرَانَ عَلَى الْعَالَمِينَ [٣:٣٣]
Sesungguhnya Allah telah memilih Adam, Nuh, keluarga Ibrahim dan keluarga 'Imran melebihi segala umat (di masa mereka masing-masing),
﴿٣٣﴾

ذُرِّيَّةً بَعْضُهَا مِن بَعْضٍ ۗ وَاللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ [٣:٣٤]
(sebagai) satu keturunan yang sebagiannya (turunan) dari yang lain. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.
﴿٣٤﴾

إِذْ قَالَتِ امْرَأَتُ عِمْرَانَ رَبِّ إِنِّي نَذَرْتُ لَكَ مَا فِي بَطْنِي مُحَرَّرًا فَتَقَبَّلْ مِنِّي ۖ إِنَّكَ أَنتَ السَّمِيعُ الْعَلِيمُ [٣:٣٥]
(Ingatlah), ketika isteri 'Imran berkata: "Ya Tuhanku, sesungguhnya aku menazarkan kepada Engkau anak yang dalam kandunganku menjadi hamba yang saleh dan berkhidmat (di Baitul Maqdis). Karena itu terimalah (nazar) itu dari padaku. Sesungguhnya Engkaulah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui".
﴿٣٥﴾

فَلَمَّا وَضَعَتْهَا قَالَتْ رَبِّ إِنِّي وَضَعْتُهَا أُنثَىٰ وَاللَّهُ أَعْلَمُ بِمَا وَضَعَتْ وَلَيْسَ الذَّكَرُ كَالْأُنثَىٰ ۖ وَإِنِّي سَمَّيْتُهَا مَرْيَمَ وَإِنِّي أُعِيذُهَا بِكَ وَذُرِّيَّتَهَا مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ [٣:٣٦]
Maka tatkala isteri 'Imran melahirkan anaknya, diapun berkata: "Ya Tuhanku, sesunguhnya aku melahirkannya seorang anak perempuan; dan Allah lebih mengetahui apa yang dilahirkannya itu; dan anak laki-laki tidaklah seperti anak perempuan. Sesungguhnya aku telah menamai dia Maryam dan aku mohon perlindungan untuknya serta anak-anak keturunannya kepada (pemeliharaan) Engkau daripada syaitan yang terkutuk".
﴿٣٦﴾

فَتَقَبَّلَهَا رَبُّهَا بِقَبُولٍ حَسَنٍ وَأَنبَتَهَا نَبَاتًا حَسَنًا وَكَفَّلَهَا زَكَرِيَّا ۖ كُلَّمَا دَخَلَ عَلَيْهَا زَكَرِيَّا الْمِحْرَابَ وَجَدَ عِندَهَا رِزْقًا ۖ قَالَ يَا مَرْيَمُ أَنَّىٰ لَكِ هَٰذَا ۖ قَالَتْ هُوَ مِنْ عِندِ اللَّهِ ۖ إِنَّ اللَّهَ يَرْزُقُ مَن يَشَاءُ بِغَيْرِ حِسَابٍ [٣:٣٧]
Maka Tuhannya menerimanya (sebagai nazar) dengan penerimaan yang baik, dan mendidiknya dengan pendidikan yang baik dan Allah menjadikan Zakariya pemeliharanya. Setiap Zakariya masuk untuk menemui Maryam di mihrab, ia dapati makanan di sisinya. Zakariya berkata: "Hai Maryam dari mana kamu memperoleh (makanan) ini?" Maryam menjawab: "Makanan itu dari sisi Allah". Sesungguhnya Allah memberi rezeki kepada siapa yang dikehendaki-Nya tanpa hisab.
﴿٣٧﴾

MAHA BENAR ALLAH DENGAN SEGALA FIRMAN NYA

---------------
SEBENARNYA MARIA IBU YESUS ANAK SIAPA MENURUT ALKITAB KRISTEN ?
---------------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar